Temukan Hal Hal Baru di Sini

Komentar

join this site

join this site

Fakta - Fakta Unik Dan Menarik Seputar Hujan


Fakta  - Fakta Unik Dan Menarik Seputar Hujan. Kalian pasti sudah mengenal apa itu hujan, dan pasti sudah melihat bagaimana hujan itu terjadi. Dan sebagian dari kita pasti sudah merasakan bagaimana rasanya terkena hujan alias "kehujanan".  Sebelum ke inti dari pembahasan kali ini ada baiknya kita mengetahui dulu tentang pengertian hujan.


Kalian Tahu Hujan ?
Hujan adalah peristiwa ketika turunnya butir butir air yg turun dari awan dan berhasil melewati proses penguapan kembali, atau singkatnya peristiwa turunnya butir air ke permukaan bumi. 

Curah hujan di berbagai negara pasti berbeda, jika curah hujan di negara tersebut tinggi maka negara tersebut di sebut negara tropis seperti yang di alami di Negara kita yaitu indonesia. Ada banyak macam hujan yang terjadi di bumi ini seperti, siklonal, zenithal, frontal, dsb. Tapi kali ini saya ingin membahasa dulu tentang fakta unik dari hujan tersebut. Tidak lama lama lagi langsung saja ke inti dari bahasan kali ini. Cekidoot!!!


Berikut Adalah Fakta Fakta Menakjubkan Tentang Hujan :


1.       Hujan mempunyai kecepatan rata rata turun ke permukaan bumi yaitu sekitar 8 – 10 km/jam. Tetapi ada beberapa ahli yang mengklaim bahwa hujan dapat mencapai kecepatan 35km/jam, tetapi itu juga tergantung juga terhadap kecepatan angin di daerah tersebut.
 
2.       Saat masih di awan, butiran air tersebut masih berbentuk es, dan turun melewati lapisan yg lebih hangat, dan es tersebut pun berubah menjadi air, itupun jika suhu udara di daerah tersebut tinggi, dan jika suhu didaerah tersebut rendah maka es akan turun ke bumi dalam bentuk salju.
  
3.       Efek yang ditimbulkan butir hujan yg turun dari ketinggian sekitar 1200 meter sama dengan benda yg diturunkan seberat 1 kg dari ketinggian 15 cm. Itu sebab kenapa ketika hujan suka terdengar suara "tik... Tik.." di genting. Tetapi fakta kali ini sangat tergantung dengan kecepatan turun hujan tersebut dan kecepatan angin di daerah tersebut.
  
4.       Butir hujan yang jatuh dari awan biasanya mengalami gesekan dengan atmosfer bumi, sehingga   kecepatan hujan menjadi rendah. Bayangkan jika kejadian ini tidak terjadi, hujan bakalan disebut sebagai bencana alam.
  
5.       Di bumi ini ada 1 wilayah yg ± 350 hari dalam setahun mengalami hujan, yaitu di "mt. Waialeale di kauai, hawaii", daerah ini juga dinobatkan sebagai wilayah hujan dengan curah tertinggi di dunia.
  
6.       Ketika hujan telah selesai, kita suka merasakan adanya aroma sejuk  atau efek segar ke tubuh dan pikiran kita, terkadang beberapa orang bisa berpikir atau mengingat sesuatu yg pernah dia alami dan cenderung pikirannya mengarah ke hal - hal yg gembira. Kejadian ini terjadi karena gesekan antara air hujan dengan tanah, rumput, dan pepohonan lainnya yg bisa menghasilkan aroma tersebut.


Nah segitu dlu artikel saya kali ini, semoga dapat menambah wawasan baru anda, dan jangan lupa untuk men-share artikel ini. Wasalam,,

Tag : Umum
0 Komentar untuk "Fakta - Fakta Unik Dan Menarik Seputar Hujan"

Back To Top